WooCommerce POS Shipping

Dokumentasi, referensi code, and Tutorial untuk AgenWebsite produk

Pengenalan

WooCommerce POS Indonesia Shipping didesain untuk pengguna toko online yang menggunakan layanan POS Indonesia, Anda dapat merequest satu kota asal Anda agar Anda tidak perlu mencari data tarif POS Indonesia. Anda tidak perlu repot lagi mengirim harga ongkir dari POS ke pengguna karena sudah termasuk dalam invoice saat pengguna checkout.

 

Cara Instalasi

Persiapkan Plugin WooCommerce POS Shipping terbaru yang dapat Anda download di MyAccount

Selanjutnya upload plugin dengan cara pilih Plugins > Add New > Upload Plugin pada Dashboard Wordpress Anda.

Upload file plugin dan klik Install Now, Pada tahap ini yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menambahkan lisensi plugin Anda.

Mengakses Laman Admin

Terdapat dua cara untuk mengakses halaman admin plugin woocommerce pos shipping yaitu,

1. Setelah Anda selesai menginstal plugin silahkan Anda menuju link Admin melalui link Settings

2. Atau Anda bisa menuju laman Admin dengan mengklik WooCommerce > Settings > Shipping > POS Shipping

 

Menambahkan Lisensi Key

WooCommerce POS Shipping ini menggunakan sistem kode lisensi yang dapat dipakai oleh Anda. Setiap pembelian WooCommerce POS Shipping maka kamu akan mendapatkan 1 lisensi yang dapat digunakan untuk 1 domain website.

Untuk mendapatkan kode lisensi silahkan menuju ke agenwebsite.com/account lalu pada menu My License kamu dapat melihat lisensi dari produk kamu.

Copy kode lisensi yang Anda dapatkan di My License lalu paste di Admin Panel WooCommerce POS Indonesia Anda.

Setelah kode lisensi berhasil Anda input maka selanjutnya sistem akan otomatis mendeteksi data kota asal yang telah Anda set sebelumnya di MyAccount AgenWebsite Anda.

Mengubah Domain & Data Kota

Dalam sistem lisensi AgenWebsite kamu bisa merubah domain dan data kota asal pengiriman kamu. Untuk merubah domain kamu bisa menggunakan fitur Reset Domain seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah kamu mengklik button Reset Domain maka lisensi kamu akan hilang di domain lama dan dapat kamu gunakan di domain baru.

Untuk merubah data kota kamu bisa langsung merubahnya masih sama pada menu MyAccount. Tinggal pilih pada bagian Options – Data kota, Lalu klik update lisensi.

Setting POS Tracking

Plugin ini sudah otomatis melakukan penyetingan pos tracking, namun bila Anda perlu ada perubahan Anda tinggal mengklik POS Tracking di Settings > POS Tracking atau mengklik laman POS Tracking di Plugins.

Lalu Anda bisa melakukan setting di admin panel tersebut.

 

Menambahkan Nomor Resi di Order

Anda memilih order di WooCommerce > Orders sesuai dengan yang nomor resi yang ingin Anda berikan. Lalu pada box WooCommerce POS Tracking Anda isi dengan nomor resi lalu mengklik Save Order.

Mengirimkan Nomor Resi ke Pembeli

Ketika proses order Anda sudah selesai lalu Anda ingin mengirimkannya ke pembeli Anda hanya perlu merubah status menjadi completed.

Lalu mengklik Save Order untuk mengirimkan nomor resi ke email pembeli

WooCommerce POS Setting Status

WooCommerce POS Setting Status berfungsi sebagai informasi dari pengaturan woocommerce kamu. Dalam table ini berisi informasi mengenai versi plugin pos, pengaturan berat, simbol, dan jumlah desimal yang kamu gunakan saat ini.

Plugin POS Version : Versi plugin yang kamu gunakan saat ini.

WC Weight Unit : Pengaturan berat produk yang kamu gunakan, kamu bisa mengatur dalam satuan gram ataupun kilogram.

WC Currency Symbol : Simbol mata uang yang digunakan

WC Currency Decimals : Jumlah angka nol dibelakang koma dalam harga produk.

Setting WooCommerce Currency

Silahkan menuju ke menu WooCommerce – Settings. Lalu pada tab utama General lihat pada bagian Currency Options. Dibawah ini adalah pengaturan yang kami anjurkan untuk Currency pada WooCommerce.

Currency : Pilihan mata uang yang digunakan. Kami sarankan Anda memilih Indonesia Rupiah karena data tarif dari kami menggunakan tarif Indonesia Rupiah.

Currency Position : Posisi simbol mata uang. Kamu bisa mengatur dibagian kiri atau bagian kanan harga produk. Misalnya : Rp. 100,000

Thausand Separator : Simbol pemisah bilangan ribuan

Decimal Separator : Simbol pemisah angka desimal

Number of Decimals : Jumlah angka 0 dibelakang koma. Kami sarankan 0 – 2 karena jika lebih dari 2 akan mempengaruhi harga.

Setting Satuan Berat WooCommerce

WooCommerce POS Shipping saat ini mendukung perhitungan dengan berat kilogram dan gram. Untuk merubah satuan berat di toko online WooCommerce. Kamu dapat menuju ke menu WooCommerce – Settings. Lalu pada tab Products - General kamu bisa mengubah satuan berat di Weight Unit. Selanjutnya Save Changes.

Update Plugin

Persiapkan file untuk update plugin woocommerce pos shipping ini

Lalu pada menu plugin Anda wajib mendeactive dan menghapus woocommerce pos shipping yang lama untuk digantikan dengan woocommerce pos shipping terbaru.

Setelah selesai Anda harus mengupload kembali plugin woocommerce pos shipping terbaru. Melalui tahapan Instalasi sebelumnya.

Fitur POS Shipping

Layanan POS Shipping kini hadir dengan fitur terbaru. Berbeda dengan versi sebelumnya. Kini tampilan plugin WooCommerce POS Shipping telah jauh lebih menakjubkan.

Aktifasi Plugin

Aktifkan/Non-aktifkan = Untuk mengakfitfkan plugin WooCommerce POS Shipping, cheklist box tersebut untuk mengaktifkan plugin WooCommerce POS Shipping.

Label Shipping

Label  = Penamaan Label berfungsi untuk memberikan nama pada layanan shipping yang akan tampil di Cart / Checkout seperti pada gambar dibawah ini.

Set Berat Produk Otomatis

Berat Default (Kg) = Untuk mengatur secara otomatis seluruh berat produk yang tidak di setting beratnya dalam satuan Kg (Kilogram)

Fitur POS Tracking

Pusing karena nomor resi selallu hilang dan buyer selalu meminta? Fitur luar biasa ini memungkinkan pembeli melihat nomor resi Anda melalui website Anda! Anda hanya perlu mengisinya di admin order dan otomatis nomor resi akan terkirim melalui email.

Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan nomor resi di order panel woocommerce dan mengirimkannya ke Customer

Fitur Layanan POS

Dalam menu Layanan POS kamu bisa mengubah nama pengiriman, menambahkan biaya pengiriman, mengubah pengiriman default dan mengaktifkan/nonaktifkan layanan pengiriman.

Fitur Re Order : Kamu bisa mengatur layanan pengiriman default untuk pelanggan dengan cara mendrag and drop pada menu Layanan POS. Apabila kamu meletakan Pengiriman POS Kilat dipaling atas maka Shipping default adalah POS Kilat.


Fitur Extra Cost

Dengan fitur terbaru ini kamu bisa mengatur tambahan biaya untuk pengiriman. Biaya tambahan bisa diatur perlayanan pengiriman misalnya pos kilat atau pos express

Fitur Free Shipping

Dalam fitur WooCommerce POS Shipping terdapat layanan Pengiriman Gratis yang dapat kamu gunakan untuk memberikan layanan pengiriman gratis dengan berbagai kondisi yang diinginkan. Salah satunya pilihan free shipping untuk layanan tertentu (kilat / express), dengan minimum total belanja, atau bisa juga ditentukan dengan pilihan kota gratis.

 

Layanan Gratis

Pada menu Layanan Gratis kamu bisa memilih layanan yang ingin diberikan free shipping. Kamu bisa memilih POS Kilat atau POS Express untuk dijadikan Free Ongkir.

Minimum Biaya

Set Minimum total belanja customer untuk bisa mengaktifkan Free Shipping pada menu Minimum Biaya. Misalkan kamu setting 30000 (tanpa titik dan koma) maka customer dengan total belanja diatas 30000 akan mendapatkan pengiriman gratis.

Pilihan Kota Gratis

Kamu juga bisa menentukan pilihan kota mana saja yang ingin diberikan layanan pengiriman gratis secara khusus. Apabila kamu set kota bandung maka hanya kota bandung saja yang akan diberikan layanan pengiriman gratis. Bila kamu ingin set seluruh kota maka kamu tidak perlu set kota apapun.

Changelog

Version 3.1.0
- Improvisasi code php
- Launching WooCommerce POS Shipping ( Exclusive Version )

Version 3.0.0
- Penambahan fitur shipping calculator
- Integrasi kota POS di Edit Billing / Shipping Address di My Account
- Perbaikan bug Invalid Shipping Method
- Perubahan format data kota
- Perubahan penempatan upload data kota di wp-content / uploads
- Menghapus fitur Show Data dan Fix Bug

Version 2.1.5
- Perbaikan chosen di checkout

Version 2.1.4
- Perbaikan tanpa chosen plugin dapat bekerja dengan baik

Version 2.1.3
- Perbaikan bug halaman checkout

Version 2.1.2
- Perbaikan kalkulasi shipping jika input form zip code atau province

Version 2.1.1
- Perbaikan halaman setting pos di woocommerce versi 2.0.x

Version 2.1.0
- Kompatibel dengan WooCommerce versi 2.0.x dan WooCommerce versi 2.1.x
- Improvisasi sistem yang memungkinkan load lebih cepat
- Penambahan fitur perhitungan berat berdasarkan gram
- Penambahan fitur Show Data
- Penambahan fitur Backup Data
- Penambahan fitur Fix Bug
- Perubahan sistem dari database menjadi file
- Perbaikan beberapa bug

Version 2.0.1
- Perbaikan beberapa bug

Version 2.0.0
- Perbaikan kompatibilitas pada woocommerce versi 2.1

Version 1.0.0
- Product Launching